Surat Dari Speed Drifters E-Sports Manager
01 November 2019

Hi Racers,

Speed Drifters Indonesia Championship 2019 baru saja berakhir. Pembalap termuda di jajaran finalis Grand Final yang berasal dari Tim Revival Esports, RvL•Seigen, berhasil membuktikan kemampuan balapan terbaiknya dan keluar sebagai juara di ajang SDIC 2019. Namun, tim Garena Speed Drifters Indonesia perlu menyampaikan bahwa RvL•Seigen belum dapat mewakili Indonesia ke turnamen internasional di China.

Hal ini disebabkan oleh pihak penyelenggara turnamen internasional Speed Drifters di China memberlakukan peraturan larangan partisipasi bagi pemain dibawah umur 16 tahun di turnamen profesional esports di China. Garena Indonesia selaku pihak undangan harus menghormati dan mengikuti peraturan tersebut.

Melalui peraturan ini, pemain terbaik kedua dari SDIC 2019, GGWP•Giegie akan berangkat sebagai pemain yang mewakili Indonesia ke turnamen internasional di China.

Surat pemberitahuan ini dibuat untuk mengklarifikasi dan memberikan informasi yang sama kepada seluruh pihak di dunia esports Indonesia. Garena Speed Drifters Indonesia terus berkomitmen untuk menciptakan kompetisi esports yang profesional di Indonesia untuk perkembangan esports yang lebih baik.

 

Untuk penjelasan lebih lengkap, berikut kami sampaikan kronologi keseluruhannya:

  • April - Tim Garena Speed Drifters Indonesia menerima undangan dari penyelenggara turnamen internasional Speed Drifters di China untuk mengirimkan 1 orang pemain perwakilan yang akan bertanding di turnamen internasional di China.

  • 8 Mei - Garena menyusun kompetisi untuk mencari perwakilan Indonesia di ajang internasional ini dan mengumumkan turnamen Speed Drifters Indonesia Championship dengan kualifikasi Online dan Top Ranked untuk mencari 1 pemain perwakilan Indonesia.

  • 17 Mei - Garena mengumumkan 4 slot tambahan dengan kualifikasi offline tournament Wild Card.

  • 3 Juni - Tim Garena Speed Drifters Indonesia mendapatkan informasi peraturan baru mengenai limitasi umur dari pihak penyelenggara turnamen internasional di China.

  • 10 Juni - Garena Indonesia mengakomodasi persyaratan ini dengan menambahkan peraturan Speed Drifters Indonesia Championship tanpa mengubah tujuan dasar turnamen ini yaitu mengirimkan pemain Indonesia terbaik yang memenuhi persyaratan turnamen internasional. Peraturan tersebut disebarkan melalui website resmi esports.speed.garena.co.id dan berbunyi “Berdasarkan aturan dari turnamen international, seluruh pemain yang diberangkatkan ke China harus memiliki minimal umur 16 tahun pada saat turnamen tersebut dilaksanakan.”

  • 15 Juni - Tim Garena menemui pihak yang mungkin terkena dampak akan peraturan baru ini selama Technical Meeting dan menginfokan secara langsung mengenai peraturan limitasi umur tersebut.

  • 16 Juni - RvL•Seigen menyabet posisi juara SDIC 2019 dan berhak atas hadiah serta gelar pemain Speed Drifters terbaik di Indonesia. Berdasarkan rules dan regulations yang berlaku mengenai limitasi umur peserta, pemain di posisi kedua GGWP•Giegie akan menjadi pemain perwakilan Indonesia ke turnamen internasional Speed Drifters di China.